Ventilator Diperlukan Pasien Covid-19 Saat Situasi Bagaimana?

Ventilator merupakan alat berbentuk mesin yang berfungsi untuk membantu pernapasan seseorang. Dengan ventilator, pasien yang sulit bernapas akan dibantu untuk mendapatkan udara dan membantunya bernapas secara normal kembali.

Secara umum, mesin ventilator akan mengatur proses menghirup dan mengembuskan napas pada pasien. Kemudian, ventilator akan memompa udara selama beberapa detik dan menyalurkan oksigen menuju paru-paru dan berhenti memompa agar udara keluar dengan sendirinya dari paru-paru.

Ventilator tidak boleh sembarang digunakan bagi pasien Covid-19, sebelum memutuskan penggunaan ventilator dokter akan memeriksa terlebih dahulu apakah pasien memiliki kesulitan bernapas, seperti naiknya ritme napas dan CO² dalam darah naik. Selain itu, jika kecepatan pernapasan menjadi 28 kali dalam satu menit, ventilator mungkin diperlukan.

Pada kondisi pasien Covid-19, ventilator akan digunakan ketika pasien sudah mengalami kondisi Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) atau sindrom gangguan pernapasan akut. Ventilator dalam penanganan pasien Covid-19 menjadi sangat penting karena Covid-19 menyerang sistem dan organ utama pernapasan, yaitu paru-paru.

EIBEN HEIZIER

Ventilator merupakan sebuah alat berbentuk mesin yang berfungsi untuk membantu pernapasan pasien. Bagi pasien Covid-19 dibutuhkan saat apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.