Trik Meredakan Mata Bengkak dengan Timun Beku, Ini Kata Ahli

Ada banyak trik kecantikan yang beredar di internet maupun media sosial. Salah satunya trik menggunakan timun untuk perawatan kulit. Meski trik ini sudah diketahui sejak lama, kini trik baru yang beredar di TikTok menggunakan timun utuh yang dibekukan sebelum memotongnya dan menggosokkannya ke seluruh wajah mereka.

Bahkan dari tagar #frozencucumberhack di TikTok telah mengumpulkan lebih dari 8 juta tampilan. Tetapi apakah itu benar-benar melakukan sesuatu yang berharga, atau apakah itu hanya terasa menyenangkan?

Menurut ahli estetika Erin Larson, ada manfaat di balik trik itu. “Mengoleskan irisan mentimun ke area mata dapat membantu mengurangi bengkak”, jelasnya seperti dilansir dari laman Allure, “karena kesejukan irisan mentimun bertindak sebagai vasokonstriktor, memperlambat aliran darah.”

Dermatologis Dr. RobertAnolik setuju, mencatat bahwa “[mata] bengkak dapat terjadi dengan pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah; suhu dingin mentimun membantu dalam membangun pembuluh darah tersebut, menghilangkan bengkak”.

Selain itu, timun juga dapat memberi kulit dorongan hidrasi yang besar. Penelitian yang dilakukan oleh dokter kulit Howard Murad mencatat bahwa, ketika dioleskan, mentimun dapat memperkuat sel sehingga dapat mempertahankan hidrasi dan bekerja pada tingkat tertinggi. Larson menambahkan bahwa timun dapat memberikan hidrasi yang sangat bermanfaat ke area mata.

Tapi tunggu — masih ada lagi! Menurut Murad, irisan mentimun dapat memerangi kegelapan di bawah mata, berkat kadar vitamin K yang tinggi, yang telah terbukti meningkatkan sirkulasi darah.

Intinya: irisan mentimun memiliki lebih banyak potensi untuk perawatan kulit dan kecantikan. Jadi lain kali Anda berlatih #SelfCareSunday, pertimbangkan untuk menambahkan timun ke dalam campurannya. Tapi jika Anda tak terbiasa menggunakan bahan alami seperti timun langsung untuk perawatan kulit wajah, Anda bisa memilih beragam produk perawatan kulit yang mengandung bahan alami.

Selain meredakan mata bengkak, ada beberapa manfaat lain menggunakan timun untuk perawatan kulit wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.