Mengenal Sejarah Peringatan Hari Gigi Nasional

Tanggal 12 September merupakan peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga serta merawat kesehatan mulut dan gigi. Hari ini juga dikenal sebagai Hari Gigi Nasional yang diperingati pada tanggal 12 September setiap tahunnya. Ketahui lebih lanjut mengenai hari gigi Nasional dibawah ini.

Sejarah Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional

Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional pertama kali digagas oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), yaitu Dr. Dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, M.P.H..

Tanggal 12 September dipilih menjadi peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Lalu peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional dibuka pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) pada tahun 2011 di Lapangan Gasibu, Bandung.

Sejak saat itu sampai sekarang, setiap tanggal 12 September diperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka menyemarakkan peringatan ini serta merayakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional.

Hari ini bukan hanya mengenai mengingatkan kita untuk menyikat gigi dua kali sehari. Namun juga untuk merayakan pentingnya kesehatan gigi dan mulut dalam kehidupan kita. Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan keseluruhan.

Gigi yang sehat membuat kita bisa mengunyah makanan dengan lebih baik, yang merupakan awal dari pencernaan yang sehat. Selain itu, senyuman yang indah dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Namun, masalah kesehatan gigi dan mulut masih menjadi masalah serius di berbagai negara, khusunya di Indonesia. Karies gigi, periodontitis, dan masalah gigi lainnya bisa mengganggu kualitas hidup seseorang dan membutuhkan perawatan yang mahal.

Oleh sebab itu, Hari Kesehatan Gigi Nasional merupakan kesempatan yang tepat untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya perawatan gigi yang baik. Untuk merayakan Hari Gigi Nasional, maka bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti berikut:

Rajin Sikat gigi

Sikat gigi dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Dengan rajin sikat gigi, maka bisa membuat gigi bersih dan sehat, serta menyegarkan mulut. Dianjurkan secara rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi hari sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan pasta gigi mengandung fluoride untuk memperkuat gigi serta untuk mencegah gigi berlubang. Perlu Anda ketahui syarat sikat gigi yang baik yaitu dengan tangkai sikat gigi yang lurus supaya mudah dipegang, kepala sikat gigi tidak terlalu besar supaya bisa menjangkau semua permukaan gigi dan bulu sikat gigi yang lembut, serta permukaan bulu sikatnya rata.

Melakukan flossing

Anda juga bisa melakukan flossing. Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi harus dilakukan setiap sehari sekali. Flossing dilakukan untuk membersihkan kotoran yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Cara menggunakan benang gigi adalah dengan melilitkan salah satu ujung benang pada jari telunjuk tangan kanan lalu ujung benang lainnya di jari telunjuk tangan kiri. Kemudian, jepit kedua ujung benang menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Biarkan benang tetap tegang sambil membersihkan sela gigi satu per satu dengan benang tersebut.

Perlu diketahui bahwa Hari Gigi Nasional adalah kesempatan untuk merenungkan pentingnya perawatan gigi dan mulut dalam kehidupan kita. Dengan perawatan yang tepat, maka bisa memastikan senyuman yang sehat dan bahagia untuk masa depan.

Jadi, mari berkomitmen untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, bukan hanya hari ini, namun setiap hari sepanjang tahun. Senyuman yang sehat merupakan investasi terbaik untuk masa depan.

 

 

 

Tanggal 12 September merupakan peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga serta merawat kesehatan mulut dan gigi. Hari ini juga dikenal sebagai Hari Gigi Nasional yang diperingati pada tanggal 12 September setiap tahunnya. Ketahui lebih lanjut mengenai hari gigi Nasional dibawah ini. Sejarah Hari Kesehatan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *