Mengenal Sabu Pink Beserta Efeknya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Sabu merupakan salah satu zat adiktif yang sangat berbahaya, bisa dikatakan bahwa sabu tergolong ke dalam narkotika. Namun siapa sangka jika sabu pink sering diperjual belikan secara ilegal, baik berupa bubuk kristal putih maupun pil. Padahal pemerintah sudah dengan tegas bahwa narkotika dilarang diperjual belikan dan dikonsumsi.

Dampak penyalahgunaan sabu sangat berbahaya baik untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan mental. Biasanya para pecandu menyalahgunakan sabu dengan cara menghirupnya seperti asap rokok, mengonsumsi langsung, menyuntikannya lagsung pada pembuluh darah. Ikuti pembahasan dibawah ini mengenai sabu pink beserta efeknya jika dokonsumsi berlebihan.

Apa itu sabu?

Sabu adalah obat simpatomimetik dan psikostimulansa yang digunakan medis dalam menangani kasus parah. Zat adiktif ini sebenarnya tidak berbahaya jika digunakan dengan tepat dalam dunia medis. Hanya saja banyak orang yang menyalahgunakannya dan mengonsumsi sabu ini sebagai obat harian.

Tentunya hal ini tidak dianjurkan oleh dokter karena bisa menyebabkan penggunanya merasa kecanduan. Seiring berjalannya waktu penyalahgunaan sabu bisa membuat kerusakan pada sistem saraf penggunanya. Maka tidak heran jika penyalahgunaan sabu sangat dilarang keras karena termasuk dalam narkotika.

Efek Saping Konsumsi Sabu Pink

Bikin Kecanduan

Salah satu efek samping dari penggunaan sabu pink adalah membuat kecanduan. Seperti narkotika pada umumnya, sabu pink ini akan membuat penggunanya menjadi kecanduan. Hal ini disebabkan oleh zat tertentu yang sudah mempengaruhi saraf otak. Maka tidak heran jika seseorang sudah kecanduan ingin menggunakan sabu secara terus-menerus.

Tentunya efek kecanduan ini sangat berbahaya karena bisa membuat penggunanya melakukan tindak kejahatan karena tidak memiliki uang untuk membelinya. Hal ini disebabkan zat kimia pada otak, sehingga menyebabkan penggunanya sangat sulit untuk berhenti.

Kerusakan Fungsi Organ yang Berujung Kematian

Pada dasarnya sabu berdampak buruk untuk kesehatan mental dan tubuh. Banyak sebagian orang yang belum mengetahui bahwa efek sampingnya bisa membuat kerusakan pada fungsi organ. Parahnya lagi efek sampingnya bisa berujung kematian, sangat disayangkan sekali jika nasib anda sangat tragis karena pengaruh narkotika.

Bahkan, tidak sedikit para pengguna yang mengalami overdosis karena berlebihan mengonsumsi obat-obatan terlarang ini. Jika anda sudah memiliki masalah kesehatan sebelum mengonsumsinya, maka dengan mudahnya kesehatan anda akan semakin memburuk. Oleh sebab itu sebaiknya anda menghindari narkotika agar tidak terjerumus dalam bahaya.

Adanya Perubahan pada Tubuh dalam Jangka Pendek

Pastinya yang namanya obat-obatan terlarang akan menimbulkan efek samping yang cukup cepat. Namun banyak pengguna yang tidak menyadari adanya perubahan pada tubuhnya selama mengonsumsi sabu pink, dimana beberapa  perubahannya seperti :

  1. Kurangnya nafsu makan
  2. mengalami penurunan berat badan secara drastis
  3. Detak jantung menjadi tidak beratur dan lebih cepat
  4. Suhu tubuh meningkat
  5. Insomnia
  6. Tekanan darah mengalami peningkatan
  7. Nafas menjadi lebih cepat dan pendek

Adanya Perubahan pada Tubuh dalam Jangka Panjang

Selain adanya efek samping dalam jangka pendek, tidak menutup kemungkinan dalam jangka panjang tubuh mengalami perubahan seperti :

  1. Kehilangan memori
  2. Merasa kebingungan
  3. Kerusakan pada gigi
  4. Gizi buruk
  5. Mengalami rasa gatal berlebih hingga menimbulkan luka karena digaruk terus menerus
  6. Kelainan pada fungsi otak

Untuk mengatasi kecanduan narkotika memang tidak bisa dilakukan secara cepat dan instan. Akan tetapi anda bisa melakukan rehabilitasi narkoba untk menenangkan pikiran dan menjalani hidup yang lebih baik. Ashefa Griya Pusaka merupakan pusat rehabilitasi narkoba yang akan memberikan pelayanan secara terintegrasi dan komprehensif.

 

 

Sabu merupakan salah satu zat adiktif yang sangat berbahaya, bisa dikatakan bahwa sabu tergolong ke dalam narkotika. Namun siapa sangka jika sabu pink sering diperjual belikan secara ilegal, baik berupa bubuk kristal putih maupun pil. Padahal pemerintah sudah dengan tegas bahwa narkotika dilarang diperjual belikan dan dikonsumsi. Dampak penyalahgunaan sabu sangat berbahaya baik untuk kesehatan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *