Bisnis Kafe Menjamur, Deret Minuman yang Diprediksi Ngehits Tahun Ini

Tahun naga kayu membawa angin segar bagi pelaku bisnis kafe dan restoran terutama mereka yang inovatif dalam menumbuhkan tren menu minuman dan makanan di 2024. Tahun ini pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia diprediksi mencapai 7 persen yang didorong salah satunya oleh pertumbuhan kelas menengah atau sekitar 53 juta jiwa. Pemerintah juga optimis pertumbuhan ekonomi mampu menyentuh 4.7 5.5 persen. “Kondisi ini harus menjadi peluang untuk pelaku bisnis F&B untuk lebih kompetitif dari sisi pelayanan dan produk yang ditawarkan, tidak terkecuali minuman,” jelas Ario Fajar, Head of Marketing Toffin Indonesia.

Pihaknya, menurut Ario Fajar menangkap peluang bisnis ini dengan mengeluarkan Tren Menu Minuman 2024 yang diharapkan bisa membantu pemilik bisnis untuk bisa semakin kreatif dalam meracik bisnis. Di tahun ini, juga ada beberapa flavour atau rasa yang diprediksi akan menjadi favorit konsumen. Ini daftar minuman yang diprediksi akan ngehits sepanjang 2024 ini.

Almond Kacang Almond merupakan salah satu rasa favorit pada minuman, dengan rasa yang gurih dan creamy. Rasa ini sangat familiar pada racikan kopi, ice blend, cocktail, dan mocktail. Contohnya sirup DaVinci Gourmet Roasted Almond, dengan wangi almond bakar, sehingga menjadi pasangan yang cocok untuk menu minuman kopi.

Pistachio Selain almond, pistachio juga menjadi rasa yang kini favorit baik dalam menu minuman maupun frozen dessert seperti gelato. Short Bread Rasa manis dan gurih khas cookies ini cocok dengan lidah konsumen Indonesia dan bisa dikombinasikan dalam ragam menu minuman. Di Indonesia, sirup DaVinci Gourmet Short Bread seringkali dikombinasikan pada minuman kopi, cocktail, dan mocktail. Pecan Praline Terinspirasi dari penganan khas Amerika dengan base kacang praline, membuat citrasa ini otentik.

Sirup DaVinci Gourmet Pecan Praline dan cocok dijadikan signature menu untuk kopi dan teh, bahkan hanya dengan campuran susu, sirup ini bisa dibuat menjadi menu minuman menarik. Caramel Rasa dan wangi yang khas membuat caramel jadi rasa favorit sepanjang masa. Strawberry Rasa buah yang kecut asam ini seringkali ditemukan pada cocktail dan mocktail, di 2024 rasa ini diprediksi akan populer di menu minuman teh, kopi, juga ice blended.

Pomegranate Buah yang satu ini memiliki warna merah dengan rasa manis yang khas, cocok untuk menu minuman yang membutuhkan rasa segar dengan hint floral. Passion fruit Manis dan segar, jadi ciri khas buah markisa dan membuat rasa ini diprediksi naik daun di 2024. Lemonade Buah lemon memberikan rasa yang segar dengan citarasa khas yang membuat rasa ini mudah di blend dengan rasa dan menu minuman lainnya.

Lychee Buah leci menjadi salah satu rasa yang favorit untuk menu ice blended, cocktail, mocktail ataupun menu minuman lainnya. Rasa ini juga bisa dikombinasikan dengan bahan baku lain ataupun hanya menggunakan susu. “Rasa kacang kacangan dan buah buahan diprediksi akan mendominasi tren menu minuman di 2024. Untuk itu Toffin Indonesia sebagai penyedia bahan baku minuman berupa sirup, frappe, untuk kafe dan restoran dengan brand DaVinci Gourmet yang telah diakui dunia, berupaya menyediakan seluruh bahan baku secara lengkap sehingga pemilik bisnis bisa berkonsentrasi pada pertumbuhan bisnis,” jelas Ario. Menurut penelitan Dataessentials (food and beverage market research and intelligence platform) di 2024 ada tiga mega tren yang bisa dimanfaatkan untuk kreasi menu minuman.

Sensory experiences Di 2024 para pelaku bisnis F&B harus lebih kreatif dalam menyajikan menu minuman. Penampilan atraktif, warna menarik, juga rasa yang pas dengan hint wangi yang unik, diyakini akan banyak dicari, contohnya seperti kreasi menu cloud. Cloud merupakan susu yang di frother hingga menjadi busa menyerupai awan putih dan berfungsi sebagai topping minuman.

Menurut Ario, dengan penambahan bahan baku lain seperti sirup, frappe, hingga saus, cloud bisa lebih menarik karena warna dan rasa yang dihasilkan lebih otentik. Untuk itu Toffin Indonesia menyediakan beragam bahan baku yang lengkap, untuk memenuhi kebutuhan pemilik bisnis dalam menciptakan menu minuman cloud yang otentik dan berbeda. Selain topping cloud, tren menu minuman buah seperti exotic fruit, pome, passion fruit, raspberry, dan lemon, juga bisa dijadikan alternatif, berkat warna warni yang menarik mata dan rasa yang segar.

Sparkle & Shine Minuman fizzy, sparkling, dan berkarbonasi akan semakin dicari. Manfaatkan N2O dan co2 untuk menciptakan menu fizzy dan bertekstur pada mocktail, cocktail, hingga teh ataupun kopi. Tehnik ini awalnya digunakan di restoran fine dining atau bar untuk meracik minuman. Prosesnya juga cukup mudah, masukan bahan baku minuman ke dalam tabung, lalu sambungkan bagian atas soda siphon, shake botol, lalu tembakan ke dalam gelas. Hasilnya minuman dan foam soda akan keluar dengan bentuk yang estetik. Untuk menu yang berbeda, bisa menggunakan minuman berbahan dasar teh sehingga bisa menjadi signature menu dengan menggunakan N2O. Penampilan minuman jadi lebih cantik dengan sensasi rasa segar.

Sweet swills Minuman manis juga diprediksi menjadi tren di 2024, baik untuk cocktail, mocktail, soda, dan kreasi minuman lainnya. Minuman dengan rasa nutty atau kacang kacangan seperti pistachio yang dipadukan dengan tehnik cloud bisa menjadi opsi. Kudapan manis atau modern pastry seperti cromboloni juga cocok dijadikan kombinasi alternatif. Popularitasnya cukup besar di Indonesia, sehingga bisa mendongkrak penjualan minuman dengan strategi bundling menu secara dine in dan delivery order. Kreasi dan strategi ini bisa diaplikasikan oleh pebisnis horeca dengan berbagai modifikasi dan disesuikan dengan perilaku konsumen. Caption: Deret minuman yang diprediksi bakal ngehits tahun ini.

Tahun naga kayu membawa angin segar bagi pelaku bisnis kafe dan restoran terutama mereka yang inovatif dalam menumbuhkan tren menu minuman dan makanan di 2024. Tahun ini pertumbuhan industri makanan dan minuman di Indonesia diprediksi mencapai 7 persen yang didorong salah satunya oleh pertumbuhan kelas menengah atau sekitar 53 juta jiwa. Pemerintah juga optimis pertumbuhan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *